Slider Background

Pastor Sanding telah Berpulang ke Rumah Bapa

Wednesday, February 1, 2017

Pastor Sanding telah Berpulang ke Rumah Bapa

Pastor Mattheus Sanding OFMCap, atau yang lebih akrab disapa P. Sanding, lahir di Nyandang, Sanggau Kapuas, pada tanggal 23 Desember 1935 dari sebuah keluarga petani sederhana. Beliau adalah anak pertama dari lima bersaudara. Pada masa kecilnya, beliau tidak pernah bercita-cita menjadi seorang imam. Namun, beliau kemudian mengagumi figur pastor-pastor misionaris Ordo Kapusin dari Belanda dan mulai tertarik dengan jubah coklatnya. Maka setelah menamatkan jenjang Sekolah Rendah (SR), beliau memutuskan untuk masuk ke Seminari Menengah St. Paulus Nyarumkop dan bercita-cita menjadi imam Kapusin.

Sejak masa mudanya, P, Sanding sudah memiliki devosi yang mendalam kepada Santa Perawan Maria. Devosi ini pulalah yang dihidupi dan dijalankannya dengan setia sampai akhir hayatnya. Melihat adanya potensi yang baik dalam diri P. Sanding yang kala itu masih muda, P. Honorius van den Heijde, OFMCap. – selaku Pimpinan Umum Persekolahan Nyarumkop – meluluskan permohonannya sebagai calon novis Ordo Kapusin. 

P. Sanding menempuh pendidikan tahap pertamanya di Novisiat St. Fidelis, Parapat, Sumatera Utara. Beliau diterima sebagai calon novis pada tanggal 01 Agustus 1959. Satu tahun kemudian, tepatnya tanggal 02 Agustus 1960, beliau diperkenankan untuk mengucapkan kaul perdananya di hadapan P. Marianus van den Acker, OFMCap., Magister Novisiat dan Superior Regularis Ordo Kapusin Indonesia pada waktu itu. Dengan penerimaan kaulnya ini, P. Sanding dinobatkan sebagai orang Dayak pertama yang menjadi imam dalam persaudaraan Ordo Kapusin di Indonesia. Tahun berikutnya (1961) Mgr. Hieronymus Bumbun, uskup Emeritus Keuskupan Agung Pontianak, menyusul dan mengikuti jejaknya.

P. Sanding selalu bangga dengan masa-masa pendidikannya di STFT (Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi) yang kala itu berpusat di Parapat. Pada waktu itu, ada sekitar 13 dosen yang dengan setia mengajarinya. “Saya selalu menjadi juara pertama di kelas,” demikian selorohnya. Betapa tidak, dosen-dosen tersebut hanya memiliki satu orang murid, P. Sanding!

Komitmen P. Sanding untuk menjalani hidup sebagai seorang biawaran Ordo Kapusin dari hari ke hari semakin kokoh. Itulah sebabnya pada tanggal 02 Agustus 1963, beliau dengan penuh ketetapan hati mengikrarkan kaul kekalnya di hadapan pimpinan pada waktu itu, P. Gonzalvus Snijders, OFMCap. Pengikraran kaul kekal ini sekaligus menjadi tanda bahwa seluruh hidup dan baktinya akan didedikasikan bagi Allah, Ordo Kapusin, dan umat yang dilayaninya. Tiga tahun kemudian, tepatnya tanggal 05 Maret 1966, P. Sanding menerima tahbisan imamat suci dari Uskup Agung Pontianak yang pertama, Mgr. Herculanus J.M. van der Burgt, OFMCap. Jejaknya menjadi seorang imam Ordo Kapusin ini kelak akan diikuti pula oleh adik kandungnya, P. Paduanus Aga, OFMCap. yang juga masuk sebagai calon novis Kapusin pada tanggal 12 Januari 1976.

Setelah pentahbisannya, P. Sanding ditunjuk untuk membantu pelayanan di Paroki Singkawang selama tiga tahun (1966-1969). Namun karena kebutuhan umat yang semakin meningkat, sementara jumlah tenaga imam belum memadai, beliau kemudian ditugaskan sebagai pastor rekan di Paroki Pahauman selama enam tahun (1969-1975). Dari sana, beliau kemudian diutus untuk melayani di Paroki Batang Tarang selama empat tahun (1975-1979). Beliaulah perintis awal berdirinya gereja Katolik di Sosok, Tayan Hulu (sekarang Paroki Kristus Raja, Sosok).

Tempat P. Sanding melayani paling lama adalah di Paroki Menjalin, Mempawah Hulu (dan Tiang Tanjung). Selama kurang lebih 30 tahun (1979-2009), beliau melayani umat di paroki ini tanpa kenal lelah. Selain menangani tugas parokial, P. Sanding juga merupakan anggota aktif team pengelola Majalah Paroki, Batakki (Berita Antar Kampung Kita). 

Pada tahun 2009 beliau diminta oleh pimpinan untuk pindah dan memperkuat personil di Propinsialat Ordo Kapusin Pontianak, Sei Raya. Kehadiran P. Sanding di komunitas pusat ini sungguh membawa berkat dan nuansa tersendiri. Beliau adalah sosok pendoa yang ulung dan memiliki devosi istimewa kepada Bunda Maria; beliau juga sering memberikan berkat untuk para saudara muda yang meminta doanya. Di samping itu, kepribadiannya yang ceria dan humoris mampu menghidupkan suasana yang kaku menjadi akrab, di mana pun beliau berada. Bahkan dalam acara pertemuan para imam muda (IMUD), beliau seringkali menyempatkan diri untuk hadir dan bersenda-gurau dengan para imam lain yang berusia jauh di bawahnya. Kendati sering diejek oleh para saudara yang lebih muda, beliau tidak pernah marah. Terkait hal ini, P. Faustus Bagara, OFMCap. memberikan kesannya, “dia sumber kegembiraan bagi komunitas, setia dalam doa, tidak mau merepotkan.”

P. Sanding juga terkenal dengan semangat kerja kerasnya, beliau tidak pernah diam. Sekali diberi kepercayaan untuk menekuni sebuah pekerjaan, hal tersebut akan dikerjakan sebisa-bisanya sampai tuntas. Lebih daripada itu, keutamaan lain yang dimiliki oleh P. Sanding adalah kesederhanaan dalam hidup. Beliau tidak memiliki banyak tuntutan dalam hidup, dan dengan senang hati menggunakan apa saja yang diberikan oleh persaudaraan kepadanya. Maka dengan sendirinya, beliau merupakan salah satu figur teladan bagi para saudara muda Ordo Kapusin Propinsi Pontianak maupun seluruh umat.

Satu hal yang agak sulit untuk diterka dari P. Sanding adalah untuk memastikan apakah beliau sedang sakit atau sehat-sehat saja. Kerapkali, beliau pandai menyembunyikan perasaan sakitnya agar tidak diketahui oleh orang lain. Beliau tidak ingin menyusahkan para saudaranya dan karenanya sangat jarang mengeluh ketika sakit. Itulah yang terjadi pada tanggal 01 Februari 2017. Tanpa ada keluh-kesah ataupun tanda-tanda aneh sebelumnya, P. Sanding tiba-tiba ditemukan telah meninggal dunia pada saat jam tidur siangnya, yakni sekitar jam 16.00 WIB. Terkait hal ini, P. Iosephus Erwin, OFMCap. berkomentar, “saudara yang sederhana itu telah pergi dengan cara yang sederhana pula.”

Pemazmur berkata, “Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun” (Mzm. 90:10). P. Sanding menutup usia pada umur 81 tahun; menjalani hidup sebagai biarawan Kapusin selama 57 tahun; dan melayani sebagai imam lebih dari 50 tahun. Selamat jalan saudara kami yang baik, selamat berpisah kakek tercinta… Kami percaya bahwa Allah menerimamu dalam kebahagiaan para kudus-Nya di surga. Doakanlah kami yang masih berziarah di dunia ini. - P. Pionius Hendi, OFMCap.


NB: Misa Requiem dilaksanakan pada hari Jumat, 03 Februari 2017, jam 9.00 WIB. Jenazahnya dimakamkan di tempat peristirahatannya yang terakhir, di Pemakaman Santo Yusuf, Sungai Raya, Pontianak.



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment