Slider Background

Peristiwa yang Terjadi pada Saat-Saat Terakhir Hidup Pastor Bart Janssen

Saturday, October 29, 2016

Peristiwa yang Terjadi pada Saat-Saat Terakhir Hidup Pastor Bart Janssen

Tidak diragukan lagi bahwa Pastor Bart Janssen, OFMCap. (3 Juli 1927 – 13 Oktober 2016) adalah permata yang sangat berharga, baik bagi persaudaraan Ordo Kapusin Belanda maupun Ordo Kapusin Indonesia, khususnya Ordo Kapusin Propinsi Pontianak. Beliau adalah seorang misionaris yang tangguh, bersemangat dan pantang menyerah. Beliau juga merupakan pimpinan Ordo Kapusin Propinsi Pontianak yang pertama, sebagai seorang peletak dasar yang kokoh bagi persaudaraan imam dan bruder Ordo Kapusin di Kalimantan Barat, Indonesia.

Berikut ini adalah “Kata Pengantar” dan “Renungan” yang disampaikan oleh P. Antoon Mars, OFMCap. (Guardian di Biara Kapusin Tilburg) pada saat acara perpisahan dan Misa Requiem yang dipersembahkan bagi almarhum P. Bart di Tilburg, Belanda, pada tanggal 18 Oktober 2016. Di dalamnya, banyak sekali informasi-informasi yang bernilai dan bersejarah. Team redaksi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada P. Jan van Maurik, OFMCap. yang telah berjerih-payah untuk menerjemahkannya dari Bahasa Belanda ke Bahasa Indonesia. Selamat membaca...

***

KATA PENGANTAR 

Selamat datang saudara-saudari sekalian yang telah berkenan hadir untuk menghormati dan mensyukuri Sdr Bart Janssen karena hidupnya yang panjang dan lengkap, karena apa yang telah diperbuatnya dan karena siapa dia. Semoga kita berkumpul di sini dalam damai, atas nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Betapa indah rasanya Anda datang beramai-ramai: para Saudara Kapusin, terutama para mantan misionaris dari Kalimantan Barat dan para Saudara dari Biara Den Bosch, di mana Sdr Bart sempat tinggal selama sembilan tahun; para sanak-saudara, termasuk para cucunya – yang dengan tekun mengunjungi dia dan berada dekat bersamanya; para missionaris dari Ordo dan Kongregasi lain yang bekerjasama dengan dia; para petugas di rumah kami, terlebih mereka yang merawat Sdr Bart sampai akhir hayatnya; teman-teman dan para sahabatnya. 

Kita semua datang karena Sdr Bart telah menyelesaikan misinya. Kita memperingatinya dengan penuh rasa terima kasih bersama dengan semua orang di Kalimantan Barat, yang pada hari ini bersatu dengan kita, yaitu mereka yang di pelbagai tempat telah mengenalnya sebagai seorang misionaris yang rajin, seorang pekerja yang membanting-tulang demi Kerajaan Allah.

Sdr Bart adalah pertama-tama seorang misionaris: selama 48 tahun ia tinggal di Indonesia, yaitu dari tahun 1957 sampai tahun 2005. Misinya ialah membawa Yesus dan kabar baik-Nya karena ia yakin, bahwa jalan yang ditunjukkan oleh Kristus adalah memang jalan keselamatan yang membawa pada kebahagiaan dan sukacita bagi semua orang yang siap dan sanggup membuka diri bagi-Nya. 

Lalu, waktu ia kembali pada tahun 2005, dia meneruskan misinya dan melengkapinya dengan pelayanannya bagi para Saudara di Den Bosch dan bagi banyak orang yang ia jumpai di luar biara pada berbagai kesempatan.

Sore ini, kita mensyukuri dan memuliakan Tuhan yang Mahatinggi karena Ia telah memanggil Bart – sebagai imam Kapusin – untuk pertama-tama menjadi seorang misionaris. Banyak yang telah dibangun oleh Bart dalam misinya, dan hidupnya sendiri dibangun di atas bukit batu. Dengan keteguhan hati dan iman yang optimis, ia telah menanggung bermacam-macam penyakit yang dideritanya secara jiwa-raga dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Teringat akan kenangan kita masing-masing mengenai Sdr Bart, marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah yang baik karena Sdr Bart telah sekian lama bersatu dengan kita. Dalam memimpin perayaan perpisahan ini, saya didampingi oleh Propinsial kami, Sdr Gerard Remmers, dan Sdr Jan Philippus, Guardian Biara Den Bosch, yang juga adalah seorang mantan misionaris Indonesia. Marilah kita terlebih dahulu mohon kerahiman Tuhan atas segala kekurangan kita.

RENUNGAN

Saudara-saudari, sanak-saudara dan sahabat-sahabat yang baik. Tepat kurang empatbelas hari, Bart telah tinggal dua tahun lamanya di bagian perawatan di rumah kami, setelah ia terkena stroke pada tanggal 21 Juli 2014 . Keadaannya waktu itu buruk, ia lumpuh sebelah. Perawatan pertama diterimanya di Maria Oord, Rosmalen. Disana, ia telah berusaha dengan sebaik-baiknya dan cukup berhasil dalam revalidasinya, sehingga pada tanggal 27 Oktober 2014 ia pindah ke sini, Tilburg. Dalam waktu dua tahun terakhir ini, kami semua sangat terkesan. Itulah sebabnya, saya memulai In Memoriam ini dalam lingkaran waktu ini, dari sejarah hidupnya yang panjang.

***

Inilah yang saya dengar pada hari-hari terakhir ini dari para Saudara dan para perawat: Sdr Bart sungguh seorang yang berjuang, yang pantang menyerah dan yang mau maju terus. “Segalanya akan beres,” demikian katanya berulang-ulang. Ia tekun latihan, jalan-jalan di biara dan ia yakin, bahwa ia akan bisa berjalan lagi dengan lancar. 

Ia biasanya menyinggung sebuah tulisan dari seorang profesor yang pernah mengalami hal yang sama sebagai pasien. Sdr Bart sungguh percaya bahwa ia akan sembuh. Kadang-kadang ia bertindak seolah-olah ia masih sanggup berbuat apa saja: memakai komputer, jalan-jalan ke luar biara, menerima tamu, bahkan ia menyempatkan diri setiap minggu untuk mengunjungi sebuah kelompok dari teman-teman senasib, yang mendorong dia untuk tetap bertahan. Menurut perasaannya, dia harus menghadiri setiap pertemuan di keluarganya atau di Biara Den Bosch, atau entah di mana saja...

Di samping semangatnya yang penuh kepercayaan ini, kadang-kadang ada juga sikapnya yang terlalu berani: ia kurang sanggup lagi menilai pembatasan-pembatasan dalam fungsi otaknya akibat stroke itu. Ia tetap yakin bahwa ia dapat melakukan hal-hal yang sebetulnya tak mungkin lagi diperbuatnya; itu terjadi sebagai akibat dari penyakitnya. Tetapi, ketekunannya untuk maju terus dan sikapnya yang pantang menyerah, sungguh mengagumkan. Kami semua benar-benar menyegani sikapnya itu… Lebih-lebih lagi, sesudah stroke-nya yang kedua: ia hampir tak dapat lagi berbicara dan menelan sesuatu. Makanannya diberikan melalui sonde sehingga ia tak dapat merasakan apa-apa, dan komunikasinya harus memakai sehelai karton dengan huruf-huruf di kursi rodanya. Namun ia tetap optimis dan bersemangat...

Mulai tanggal 06 September 2016 keadaannya memburuk, baik jiwa maupun badannya. Hari itu, kami para biarawan dan para petugas di rumah kami, jalan-jalan sambil berpiknik. Sdr Bart ikut, tetapi ia tak dapat menikmatinya benar; ia sedikit down dan nampak sedikit pucat. Sejak hari itulah, keadaannya lambat-laun menyusut, semangatnya tampak pudar dan ia tak sanggup lagi bertahan. Ia ingin meninggal, sudah baik dan selesai semuanya. Ia berpamitan, memberkati sanak-keluarganya, lalu kami pun memberkatinya. 

Namun Saudari Maut belum juga datang. Maka Sdr Bart minta lagi makanan serta mau memakai kursi rodanya. Dan keesokan harinya, ia duduk kembali di depan laptop dan tabletnya. Ia nampak juga di ruang doa dan ikut minum kopi dengan para Saudara di ruang rekreasi, namun ia tetap sangat lemah... Itulah keadaannya sampai pada hari Rabu yang lalu, waktu timbul komplikasi penyakitnya yang membutuhkan perawatan sementara di Rumah Sakit. 

Hari berikutnya (Kamis, 13 Oktober), ia terbaring terus di tempat tidurnya. Pikirannya terang, namun badannya letih. Dan tepat pada waktu kami sedang minum kopi, ia meninggal secara mendadak. Kami dengan sebulat hati menyerahkannya kepada Sang Penciptanya. Pada akhirnya ia boleh beristirahat, deritanya telah selesai; kita sungguh merelakan dia beristirahat.

***

Saya sempat mempelajari riwayat hidup Sdr Bart. Empat setengah tahun yang lalu, ia mengarangnya untuk seseorang dari Best (Belanda) yang ingin menerbitkan sebuah buku tentang para misionaris dari kota itu. Sdr Bart memakai karangannya sebagai ucapan Selamat Natal/Tahun Baru kepada sanak-saudaranya, dan menandatanganinya dengan nama “Paman Theo”. Dalam karangan ini, saya juga membaca tentang perjuangan, sikap pantang menyerah, dan keteguhan dari seorang “yang membangun rumah hidupnya di atas bukit batu”. Izinkanlah saya mengutip beberapa hal, kadang-kadang dengan perkataannya sendiri. 

Ibunya yang tercinta berasal dari kampung Langeweg (tempat Seminari Menengah Kapusin dahulu), sesuatu yang pasti mempengaruhi pilihannya untuk hidup sebagai Kapusin. Pada mulanya, ia harus ke Enschede (ada sebagian dari Seminari Menengah di sana). Perjalanannya ke Enschede lumayan jauh, tetapi ia dapat naik kereta api dengan murah karena ayahnya bekerja di Perusahaan Kereta Api. Kemudian, ia kembali ke Langeweg untuk meneruskan pendidikannya di Seminari. Di sana ia mengalami akibat Perang Dunia II, yang sempat menghancurkan Seminari itu; suatu masa yang penuh ketakutan. 

Setelah belajar di Seminari-Seminari Darurat di Eindhoven, Tilburg dan Voorschoten, maka Theo masuk novisiat di Enschede pada tahun 1946, dan menerima nama Bartholomeus yang disingkatkan menjadi Bart. Pada tahun 1953, ia ditahbiskan menjadi imam bersama 8 teman sekelasnya, hanya Sdr Anastasius yang masih hidup. 

Pada tahun 1954, ia dihunjuk untuk bertugas di daerah misi. Maka, ia mengikuti kursus-kursus khusus sebagai persiapan. Namun, visa ke Indonesia belum bisa diperolehnya saat itu. Waktunya kemudian diisi dengan pelayanan kepada para katekumen, asistensi-asistensi keliling, dan ia sempat bertugas satu tahun lamanya sebagai Pastor Pembantu di Paroki Charlois, Rotterdam. Pada tanggal 13 Juni 1957, ia berangkat ke Indonesia dengan naik kapal Willem Ruys dari pelabuhan Rotterdam. Maka mulailah pekerjaannya sebagai misionaris. 

Tempat tugasnya yang pertama adalah Jangkang Benua, bagian Timur dari Keuskupan Agung Pontianak. Perjalanannya yang pertama ke sana ditulisnya dengan teliti: “Berhari-hari lamanya kami berjalan. Semuanya serba primitif: tak ada alat komunikasi, tiada surat kabar selama bulan-bulan lamanya, taraf kehidupan rendah, bahasanya sulit, makanannya kurang biasa, pemondokan sangat sederhana, hanya bisa jalan kaki atau naik perahu di sungai.” Kadang-kadang ia bertindak sebagai ‘dokter’ dan membagikan obat-obatan. “Setelah tiga tahun, saya terkena sakit lambung dan dioperasi di Pontianak. Walaupun hidup di sana agak berat, namun itulah waktu saya yang paling memuaskan, penuh petualangan dan kaya akan kenang-kenangan...” Kemudian, ia bertugas sebagai pastor di Bodok dan Pahauman. Di antaranya, ia sebentar melayani di Singkawang sebagai pemimpin bruder-bruder muda. 

Habis liburannya yang pertama (1965), ia menerima tugas sebagai pastor paroki Santo Fransiskus di Jakarta. Hidupnya sebagai misionaris berubah drastis. Dari pihak keuskupan, ia menerima sebuah motor Vespa. Pada mulanya, ia membangun sebuah Sekolah Dasar, yang mana pada tahun 1968, Barack Obama (dengan nama Barry Suntoro) termasuk salah satu muridnya di kelas 1. Komplek paroki itu dilengkapi dengan sekolah-sekolah, gereja, klinik dan fasilitas organisasi-organisasi... Rumah-rumah ini pun dibangun di atas bukit batu. Ia berusaha terus-menerus sampai semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Duapuluh tahun lamanya Sdr Bart tinggal di Jakarta. 

Sesuatu yang menonjol adalah keterlibatannya dalam gerakan “Marriage Encounter”, yang bertujuan membantu pasangan suami-isteri untuk berkomunikasi satu sama lain. “Saya bahkan turut serta dalam kepemimpinannya, memimpin banyak weekend di kota-kota besar di Indonesia dan mengikuti konferensi-konferensi setingkat Asia. Maka, saya telah mengunjungi kongres-kongres di Seoul, Manila, Singapura, Sri Lanka, Bombay dan Tokyo”. Pelayanan ini tetap sangat menarik bagi Sdr Bart.

Kembali ke Kalimantan Barat (tahun 1968), ia ditempatkan di Sanggau Kapuas menjadi ekonom untuk Keuskupan Sanggau, dan kemudian juga ekonom bagi persaudaraan Kapusin di Regio Pontianak. Di antaranya, ia sempat mengambil bagian dalam kepemimpinan propinsi, tetapi juga diminta untuk meneruskan tugasnya membangun sebuah rumah retret dan kantor propinsialat yang baru. Pada tahun 1991, ia dipilih menjadi Superior Kapusin. Lalu pada tahun 1994, ia dihunjuk menjadi Propinsial pertama untuk Ordo Kapusin Propinsi Pontianak (1994 – 1997).

Sdr Bart bertambah tua, dan pada tahun 2001 ia harus menjalani operasi jantung. Setelah sembuh, ia masih sempat bertugas selama tiga tahun di Pontianak. Pada tahun 2005, ia pulang untuk selamanya ke Negeri Belanda. 48 Tahun lamanya ia bekerja sebagai seorang misionaris. Ia merasa bangga dengan itu.

***

Ia sempat menyinggung situasi gerejawi dan hidup kepercayaan di Negeri Belanda. “Kepercayaan di sini hampir hilang seluruhnya. Mungkin akibat perbedaan budaya dengan dunia Timur/Selatan, maka saya merasa diri tidak sungguh-sungguh ‘at home’. Untunglah, saya masih dapat bekerja sedikit, selama saya masih sehat.”... Bart mengisi waktunya dengan menerjemahkan teks-teks, dengan kontak bersama para mantan misionaris, dengan asistensi ke susteran JMJ, dengan sewaktu-waktu memimpin Misa dalam bahasa Indonesia, dengan tugasnya sebagai anggota pimpinan biara dan sebagai ekonom biara.

Demikianlah Saudara Bart Janssen: ia seorang yang ramah, tetapi kadang-kadang tegas dalam soal hukum Gereja. Ia seorang yang rajin berusaha, suka berbelanja dan membeli barang-barang di toko; ia selalu mengantongi sejumlah dollar. Ia getol memakai barang: secara teknis, ada segala macam kemudahan padanya. Maka dapat dimengerti bahwa ia gemar akan usaha bangunan. Pada saat bersamaan, Sdr Bart adalah seorang imam yang saleh dengan devosi kuat terhadap Padre Pio serta Bunda Maria. Keduanya dihormatinya dengan sangat. 

Sdr Bart tinggalkan jejak-jejaknya, di mana saja ia telah sempat berada, dan terutama oleh karena kepribadiannya: ia adalah seorang yang bersemangat, seorang optimis yang beriman teguh, yang membangun rumahnya di atas fondasi yang kokoh. 

Salah seorang perawat di rumah kami mengatakan, bahwa Sdr Bart pada akhirnya dapat menikmati santapan yang lezat sesudah sekian bulan, dengan menyalurkan makanan itu melalui sonde; ia sungguh-sungguh menikmatinya sedemikian rupa, katanya. Saya rasa, bahwa itulah yang dimaksudkan ketika kita berkata: semoga ia untuk selamanya terlindung dalam cinta Allah. Saudara Bart, terima kasih atas semuanya dan beristirahatlah dalam damai. (P. Antoon Mars, OFMCap.) – Penerjemah: P. Jan van Maurik, OFMCap.

***

"Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.” (Matius 7:24-25).



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment