Slider Background

Capuchin's Camp

Sunday, November 8, 2015

Capuchin's Camp


SANGGAU KAPUAS - Beberapa bulan yang lalu, Saudara-saudara Imam Muda Kapusin mengadakan event besar di Rumah Retret Laverna-Bunut, Sanggau Kapuas. Kegiatan bersejarah ini diadakan pada tanggal 28-30 Januari 2015. Event ini mereka namakan “Capuchin’s Camp” (CC). Event ini adalah event yang pertama kalinya. CC merangkul orang-orang muda Katolik yang ada di wilayah teritorial Paroki Kapusin, khsususnya Kapusin Provinsi Pontianak.

Ada sekitar 250-an Rekan Muda Katolik yang hadir. Mereka berasal dari 15 Paroki Kapusin Provinsi Pontianak: Paroki St. Maria Balai Sebut, Jangkang; Paroki Gembala Yang Baik - Kuala Dua; Paroki St. Yohanes – Balai Karangan; Paroki Salib Suci – Ngabang; Paroki Yohanes Pemandi – Pahauman; Paroki St. Maria – Nyarumkop; Paroki St. Yoseph – Sanggau Ledo; Paroki St. Fransiskus Assisi – Singkawang; Paroki Kristus Raja – Sambas; Paroki Nanga Bulik; Paroki St. Paulus – Pangkalan Bun; Paroki St. Sesilia – Pontianak; Paroki St. Theresia Delta Kapuas – Rasau Jaya; Paroki St. Fransiskus Assisi – Tebet, Jakarta. Dua paroki absen yakni Paroki Gembala Baik – Pontianak dan Paroki St. Yoseph Kathedral – Pontianak.

Event ini dikemas dalam dua bentuk. In door dan out door. Kegiatan in door diisi dengan ibadat, Misa dan penyampaian materi seputar “orang muda yang baik, beriman dan bersaudara”. Pada sesi ini, rekan-rekan muda ditemani oleh P. Joseph Juwono, OFMCap dan P. Iosephus Erwin, OFMCap. Mereka mengetengahkan bagaimana peran rekan  muda Katolik dalam membangun Gereja masa depan dan menjalin persahabatan yang baik, beriman dan bersaudara. Sementara, pada pembukaan acara Pater Provinsial Kapusin Pontianak, menyingung seputar kehidupan Fransiskus dari Assisi dan Fransiskan (Pengikut-pengikut Fransiskus), sebagai pentobat dan pembaharu Gereja yang tidak meninggalkan Gereja Katolik.

Kegiatan out door, dirangkai dengan Ibadat dan meditasi bersama dengan alam dan  berani kotor dan basah (outbound). Kegiatan outbound mendapat tempat utama di hati rekan muda. Sebab kegiatan ini sungguh-sungguh membuat mereka menyatu, kompak, satu dengan yang lain.

Setelah kegiatan berakhir, rekan-rekan muda diajak untuk menyaksikan acara pentahbisan Imam baru Kapusin di Paroki Gembala Yang Baik-Kuala Dua. Disela-sela bersantai setelah acara pentahbisan Imam, panitia berkeliling dan bertanya kepada peserta CC. Pertanyaan itu seputar kesan dan pesan mereka ketika dan setelah mengikuti CC.  Hampir semua rekan muda yang dimintai pendapatnya mengatakan “Seru, asyik, mantap”. Mereka berharap ada CC yang berikutnya. Dalam seloroh mereka berkata “aku ngak mau kawin dulu, sebelum ada CC yang kedua.” Beberapa pendamping dan pastor paroki yang juga ikut terlibat dalam kegiatan ini merasakan hal yang sama, seperti rekan-rekan muda peserta CC. Harapan mereka semoga dengan CC ini rekan-rekan muda semakin menyadari tugas dan tanggung jawab mereka sebagai orang yang beriman Katolik. Mewujudkan orang muda yang baik, beriman dan bersaudara. Saling kenal satu dengan yang lain. Apa yang menjadi harapan para pendamping dan Pastor Paroki, tentu juga menjadi harapan bagi Panitia CC. Jadi, para sahabat muda, kami tunggu kedatangan Anda di Capuchin's Camp II yang akan diselenggarakan di Tirta Ria dan Gunung Banuah pada tanggal 28-31 Januari 2016. Kali ini, acaranya akan lebih seru lagi! Pace e Bene. (Fr Aloysius Anong, OFMCap.)



« PREV
NEXT »

7 comments

  1. Koreksi Frater,
    Kalau dilihat dari data atas maka yang absen ada 3 paroki yaitu Paroki Pusat Damai, Paroki Katedral Pintianak dan Paroki Gembala Baik Pontianak. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas koreksiannya, Bang Fu Dul. Semoga di Capuchin's Camp yang kedua, semua paroki itu bisa ikut terlibat.

    ReplyDelete
  3. Jika tidak ada halangan saya akan ikut Capuchin's Camp II mewakili Paroki Salib Suci Ngabang. Penasaran dengan acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're most welcome, Deo. Selamat bergabung nanti dengan teman-teman muda dari berbagai penjuru daerah. Kami menunggu kehadiranmu.

      Delete
  4. frater post tentang CC 2 juga frater. saya dari Paroki Tebet kemarin ikut CC 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. CC ke 3 dst........... Tetap semangat OMK,Capuchin's.............. Aku dari nyarumkop.......... Hadir untuk memantau .............

      Delete
    2. Saudari Benning Anggrita dan Saudara Panutur Binuo... meskipun tidak selalu dalam bentuk tulisan, tetapi foto-foto dari Capuchin's Camp ke-2 kemarin selalu ter-update di Facebook Page kami. Silakan ketik aja "Ordo Kapusin Pontianak" di bagian pencarian FB. Scroll ke bawah... dan di sana ada aneka foto kawula muda, tentu dengan gayanya yang beken.

      Delete