Slider Background

Perayaan Pesta Perak Postulat Kapusin Santo Leopold Mandic Sanggau

Wednesday, October 28, 2015

Perayaan Pesta Perak Postulat Kapusin Santo Leopold Mandic Sanggau


SANGGAU KAPUAS - Pada tanggal 14 Oktober 2015 yang lalu di Postulat Kapusin Santo Leopold Mandic, Bunut-Sanggau, diadakan perayaan syukur 25 tahun Postulat. Perayaan dilangsungkan pada sore hari, diawali dengan perarakan yang diikuti oleh sejumlah besar para Saudara Kapusin Pontianak serta umat yang hadir. Jumlahnya sekitar 300-an orang. Perarakan tersebut dimulai dari gedung Postulat menuju ke patung Santo Leopold Mandic sebagai santo pelindung dari Postulat Kapusin Bunut-Sanggau. Letaknya di Persimpangan jalan postulat. Patung yang baru dibuat oleh Bapak Bujang Kirei itu adalah bantuan Rumah Retret Laverna untuk Postulat. Patung tersebut diberkati oleh Mgr. Julius Mencucini,CP, Uskup Keuskupan Sanggau.

Setelah pemberkatan patung Santo Leopold Mandic, perarakan dilanjutkan menuju Aula Santa Maria, Rumah Retret Laverna untuk merayakan Misa Syukur 25 tahun Postulat. Perayaan misa dipimpin oleh Mgr. Julius Mencucini, CP, dan didampingi oleh dua konselebran, yakni Minister Provinsial Kapusin Pontianak, P. Amandus Ambot OFMCap dan Magister Postulat Santo Leopold Mandic, P. Egidius OFMCap. Dalam Khotbahnya Mgr. Julius menekankan tentang Kerajaan Allah yang diumpamakan seperti benih yang tumbuh. Beliau mengatakan: setiap umat yang beriman harus terlebih dahulu mencari Kerajaan Allah dan hal-hal lain akan ditambahkan oleh Allah sendiri sesuai dengan Kehendak-Nya.

Setelah Perayaan Misa syukur ada beberapa kata sambutan yang disampaikan oleh Minister Provinsial Pontianak dan Magister Postulat Santo Leopold Mandic. Dalam sambutannya P. Egidius OFMCap mengucapkan banyak terima kasih kepada para Saudara Kapusin yang hadir dalam perayaan ini dan kepada seluruh umat yang yang hadir dan mendukung acara ini. Kemudian, P. Amandus Ambot OFMCap, sebagai Minister Propinsial Kapusin, menekankan bahwa para Saudara Kapusin harus dapat memberikan kesaksian hidup yang baik dan benar tentang karisma dan spiritualitas hidup Santo Fransiskus Assisi, supaya panggilan untuk menjadi seorang religius kapusin semakin berkembang.

Selanjutnya, setelah Perayaan Misa Syukur berakhir, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan santap malam bersama di ruang makan Laverna. Perayaan syukur pesta perak Postulat santo Leopold Mandic ini, berjalan dengan lancar hingga perayaan berakhir.

Diharapkan dengan Perayaan pesta perak ini, Postulat Kapusin Santo Leopold Mandic, Sanggau ini dapat menjadi tempat persemaian benih-benih panggilan bagi para calon kapusin sehingga kelak mereka dapat menjadi kapusin yang unggul dalam kesaksian hidup dan karya pada masa yang akan datang.

Saat ini ada sembilan calon kapusin muda yang sedang menempuh pendidikan di Postulat Santo Leopold Mandic, Bunut-Sanggau Kapuas. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Barat dan di Luar Kalimantan Barat. Masa pendidikan di sini berlangsung selama satu tahun. Setelah itu mereka melanjutkan di Novisiat Kapusin Padre Pio, Gunung Poteng. (Sdr Meldi Irwandi)


(Penulis adalah Postulan Kapusin Pontianak - tahun 2015)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment