Slider Background

Tubuh Kristus Diarak di Kota Brisbane

Wednesday, June 1, 2016

Tubuh Kristus Diarak di Kota Brisbane

BRISBANE - Sekularisasi dan modernisasi tidak menyurutkan semangat umat Katolik dalam menghayati dan menghidupi imannya. Sebaliknya, hal itu justru menantang mereka untuk semakin berani menampakkan diri sebagai saksi Kristus di dalam dunia. Semangat itulah yang tampak nyata dalam kegiatan Corpus Christi Procession yang diadakan pada hari Minggu, 29 Mei 2016 di Katedral St Stephen, Brisbane (Australia).

Uskup Agung Brisbane, Mark Coleridge D.D., mengizinkan agar prosesi yang biasanya dilaksanakan di luar kota ini, pada tahun 2016 ini, bisa dilakukan di tengah-tengah keramaian kota Brisbane. Dan itulah yang memang terjadi. 

Kegiatan ini diawali dengan doa Rosario pembuka pada jam 1.30 siang. Perarakan kemudian dimulai tepat pada jam 2.00 siang, dipimpin oleh Uskup Auxilier Brisbane, Joseph Oudeman OFMCap. dengan didampingi oleh misdinar, seminaris, suster-suster dan para imam, termasuk beberapa imam dari Ritus Timur. Dalam perarakan ini, Sakramen Mahakudus ditakhtakan dalam sebuah monstran indah dan ditudungi. Sementara itu, umat yang jumlahnya lebih dari 1000 orang mengikuti dari belakang. 

Mereka berjalan selama kurang lebih dua jam melintasi jalan-jalan dan keramaian kota Brisbane di hari Minggu. Sepanjang perjalanan, kidung puji-pujian dilantunkan, doa Rosario didaraskan, dan ujud-ujud pribadi dipanjatkan. Lewat perarakan ini, umat Katolik menguduskan kota Brisbane bagi Kristus. Mereka benar-benar menerapkan apa yang pernah dikatakan oleh St Yohanes Paulus II, “Jangan takut membawa Kristus ke jalan-jalan.”

Perarakan ini turut pula dimeriahkan dengan aneka spanduk atau umbul-umbul yang berasal dari kelompok-kelompok doa di paroki-paroki, seperti Legio Maria dan aneka persekutuan doa. Hadir juga komunitas-komunitas etnis dengan aneka coraknya, seperti: Indonesia, India, Filipina, Korea, China, Meksiko, dan lain-lain. Anak-anak sekolah pun tidak mau ketinggalan. Melalui kegiatan ini, inti iman Katolik diwartakan secara terang-terangan bagi dunia, yakni bahwa Kristus sungguh hadir nyata dalam Ekaristi. - P. Pionius Hendi, OFMCap.


Suasana Seputar Kegiatan Corpus Christi Procession


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment